Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah disahkan Menjadi Perda

Kendal, medgo.id – DPRD Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menggelar rapat paripurna dengan agenda persetujuan bersama Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Kendal, Kamis (23/02/2023), di ruang Paripurna.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Kendal tersebut, dihadir oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, dan para Kepala OPD Kabupaten Kendal.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, menyampaikan apresiasinya kepada Pansus 1 DPRD Kendal atas kinerjanya dalam mencermati, membahas, dan mendalami, serta menyempurnakan materi Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah sehingga dapat dilakukan persetujuan bersama antara DPRD Kabupaten Kendal dan Bupati Kendal.

“Raperda pengelolaan keuangan daerah telah kita ajukan kepada Gubernur Jawa Tengah untuk dilakukan fasilitasi dan kepada Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah, Kementerian Hukum dan HAM, untuk dilakukan pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan konsepsi”, kata Dico.

Lebih lanjut Dico mengatakan bahwa hasil dari fasilitasi pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan konsepsi terhadap Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah tertuang dalam surat dari Gubernur Jawa Tengah Nomor : 180/0001116 tanggal 16 Januari 2023, dan surat dari Kepala Kantor Wilayah Jawa Tengah Kementerian Hukum dan HAM Nomor : W.13-PP.04.02-19 tanggal 17 Januari 2023.

“Dengan telah disetujuinya Raperda menjadi Perda, saya berharap mampu menciptakan sistem Pengelolaan Keuangan Daerah yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan setempat dengan tetap menaati peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi sebagai bagian dari satu kesatuan sistem pengelolaan keuangan negara”, kata Dico.

Selain itu, imbuh Dico, juga akan mampu mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggungjawab dengan tetap memperhatikan asas keadilan, kepatutan, dan manfaat untuk masyarakat.

“Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Kendal dengan DPRD Kendal yang sudah terjalin dengan baik selama ini, ke depannya tentu akan lebih baik lagi demi mewujudkan dan meningkatkan dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kendal”, pungkas Dico. (*17).